Rabu, 24 April 2013

Lomba Sekolah Sehat (LSS) UKS
Tingkat Propinsi Sulawesi Selatan Tahun 2013


Kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan dorongan dan motivasi untuk meningkatkan pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) oleh instansi terkait di berbagai tingkatan administrasi.  Disamping itu juga dalam rangka memotivasi dan peningkatan pembinaan terhadap Usaha Kesehatan Sekolah serta untuk meningkatkan kebiasaan hidup sehat para peserta didik, dan meningkatkan derajat kesehatan secara utuh.
Pesertanya adalah seluruh sekolah mulai dari  : 
 
1.      Tingkat Taman Kanak-kanak (TK) Radhatul Alfat (RA),
2.      Tingkat Sekolah Dasar (SD) Madrasah Ibtidaiyah (MI),
3.      Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)I Madrasah Tsanawiyah (MT)
4.      Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah (MA). 
 
Lomba ini Diharapkan dapat mendorong Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (TP UKS) Tingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Tim Pelaksana UKS (sekolah) untuk meningkatkan mutu pelayanan UKS di seluruh sekolah di wilayah kerja masing-masing. 
 
Keberhasilan Sekolah Sekolah tersebut diatas tidak terlepas dari upaya dan usaha yang dilakukan oleh pihak sekolah tersebut dan didukung oleh Pemerintah Kabupaten/Kota  Pelaksanaan lomba sekolah sehat ini merupakan kegiatan yang bersifat nasional dan strategis, artinya kegiatan ini dilakukan serentak dan berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional dan dilakukan setiap tahun sehingga melalui kegiatan ini diharapkan tidak semata-mata meningkatkan kualitas pendidikan dan usaha peningkatan menuju sekolah sehat tapi dapat juga memberikan kontribusi dalam pencapaian Visi dan Misi Propinsi Sulawesi Selatan dan peningkatan IPM (Indeks Pembangunan Manusia)  khususnya melalui jalur pendidikan di Propinsi Sulawesi Selatan.
Untuk itu dalam rangka penilaian Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional tersebut. Pada Tahun 2013 yang akan datang, Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional akan melakukan penilaian terhadap sekolah sekolah tersebut.  
Menurut Kepala Biro Kesejahteraan Setwilda Prop. Sul Sel ( Dra. Hj. KURNIA, M.Si ) mengatakan bahwa ajang penilaian Lomba Sekolah Sehat ini tentunya akan meningkatkan motivasi jajaran pemerintah dan dunia pendidikan di Kabupaten/kota untuk lebih bersemangat dan lebih giat lagi dalam meng-integrasi-kan pemikiran dan kegiatan pada usaha peningkatan kesehatan sekolah menuju sekolah yang sehat dan berstandar nasional bahkan internasional.  Lebih lanjut dikatakan ”Dalam pelaksanaan pembangunan pendidikan fungsi sekolah perlu mendapatkan perhatian yang serius serta ditumbuh-kembangkan secara seimbang sehingga mampu meningkatkan kualitas pendidikan  dan dapat berfungsi sebagai wahana untuk peningkatan sumber daya manusia sebagai generasi penerus bangsa”. 
Pada kegiatan Lomba Sekolah Sehat ini, yang menjadi titik berat perhatian pembinaannya berada pada sekolah dan lingkungannya yang secara seimbang baik fisik maupun non fisik, dimana kegiatan belajar mengajar, sarana dan prasarana serta kegiatan ekstra lainnya yang dapat menunjang pelaksanaan pendidikan di sekolah sehingga penilaian sekolah sehat ini akan memberikan dorongan dan motivasi untuk meningkatkan pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) oleh instansi terkait di berbagai tingkatan administrasi.
Pengembangan fungsi sekolah terutama fungsi pendidikan, pengajaran, dan sosialisasi menjadi dasar dalam rangka terwujudnya pengembangan kecerdasan dan intlektual serta pengetahuan tentang kesehatan yang optimal pada anak didik.  hal itu secara langsung juga berpengaruh pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yang ditentukan oleh keberhasilan di bidang pendidikan, dan kesehatan. oleh karena itu, Indek Pembangunan Manusia (IPM) menjadi perhatian utama pemerintah dari pusat sampai ke daerah,
Disamping itu Indek Pembangunan Manusia (IPM) juga merupakan tolak ukur daya saing suatu daerah dengan daerah lainya dan antara suatu bangsa dengan bangsa lainnya.
Untuk diketahui hasil yang dicapai dari keikutsertaan Sekolah-sekolah mulai dari tingkat TK/RA, SD/MI, SMP/MTs. Dan SMA/SMK/MA,  dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) sangat membanggakan, karena ada 4 Kab/Kota yang mewakili Sulawesi Selatan dari masing masing tingkatan sekolah, mudah-mudahan Juga dapat menjadi tolak ukur bahwa pembangunan pendidikan di Propinsi Sulawesi Selatan telah menunjukkan hasil yang cukup signifikan”, dengan keberhasilan ini akan menjadi pemicu dan motivasi bagi sekolah-sekolah lain yang ada di Propinsi Sulawesi Selatan untuk mencapai dan memperoleh hasil yang optimal di bidang pendidikan, dan ini akan membawa pengaruh pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Propinsi Sulawesi Selatan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar